Studi Lapang ke Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara

Karimunjawa - KKMKS. Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang melalui Kegiatan Penyusunan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir Kota Semarang Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir Tahun 2013 melaksanakan pekerjaan studi lapang dengan mengenalkan ekosistem yang ada di wilayah pesisir Pulau Karimunjawa Kabupaten Jepara kepada perwakilan kelompok pelestari lingkungan yang ada di Kota Semarang pada tanggal 20-22 September 2013.

Ekosistem pesisir di Pulau Karimunjawa yang masih lestari adalah ekosistem Terumbu Karang, Padang Lamun, dan Mangrove. Ekosistem tersebut merupakan ekosistem penting di wilayah pesisir dimana mempunyai banyak fungsi dan manfaat bagi kelangsungan sumberdaya perikanan. Sumberdaya perikanan yang melimpah bisa menjadi indikator bahwa kondisi wilayah pesisirnya masih baik.

Studi lapang ini menjadi penting untuk dilaksanakan dengan melibatkan kelompok pelestari lingkungan dikarenakan wilayah pesisir Kota Semarang untuk saat ini hanya tersisa satu ekosistem yaitu ekosistem mangrove, dan kondisinya juga menghadapi kerusakan yang parah.

Harapan dari kegiatan ini adalah agar kelompok pelestari lingkungan dapat mengetahui dan belajar secara langsung beberapa ekosistem di wilayah pesisir, serta pada akhirnya dapat menjaga kelestarian dan melakukan aksi-aksi lainnya yang bermanfaat di wilayah pesisir Kota Semarang pada khususnya. (AP).