Tentang Kami

Semarang - KKMKS. KKMKS merupakan sebuah forum silaturahmi dan kerjasama antara para penggiat mangrove yang ada di kota Semarang dan sekitarnya, yang anggotanya terdiri dari berbagai lapisan masyarakat. Anggota KKMKS membentuk sebuah jaringan mangrove di kota Semarang yang berfungsi mengkoordinasikan program dan proyek mangrove yang sudah, sedang dan akan dijalankan. 

KKMKS didirikan pada tahun 2010, dengan SK Walikota Semarang Nomor 0504/446 tertanggal 22 Desember 2010, tentang pembentukan Kelompok Kerja Mangrove Kota Semarang. KKMKS didirikan atas prakarsa dari Yayasan BINTARI, KeSEMaT dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang dengan bantuan pendanaan dari FoE Jepang.

KKMKS didirikan dalam rangka untuk mengendalikan kerusakan ekosistem mangrove, sehingga perlu dilakukan langkah strategis yang dapat menjamin terselenggaranya perlindungan, pelestarian, dan pemanfaatan ekosistem mangrove sebagai sumberdaya di wilayah pesisir, sistem penyangga kehidupan dan kekayaan alam yang bernilai tinggi.

Program kerja KKMKS terdiri dari penyuluhan, pelatihan, kunjungan lapangan dan studi banding, pemberdayaan masyarakat pesisir serta aksi penanaman dan pemeliharaan mangrove di pesisir Semarang, mulai dari Mangkang sampai dengan Trimulyo, Semarang.