Mas Jamang, Jajanan Mangrove Asli Semarang

Semarang - KKMKS. SJMS adalah Sentra Jajanan Mangrove Semarang. Berlokasi di Mangkang Wetan, Semarang, KeSEMaT telah melaksanakan berbagai program pelatihan, pembinaan dan pendampingan kepada dua kelompok perempuan di kelurahan tersebut. Bekerjasama dengan Dosen Teknologi Pangan dari Universitas Tujuh Belas Agustus, Semarang dan PT. Indonesia Power Jakarta dan Semarang, implementasi proyek telah dilakukan mulai pertengahan 2012 sampai satu tahun ke depan. 

Beberapa hal yang telah coba dilakukan di Mangkang Wetan adalah melatih keterampilan pengolahan jajanan berbahan dasar mangrove, seperti kue lumpur, cake, stick, kerupuk dan jenis makanan lainnya, berlabel Mas Jamang.

Tak hanya itu, KeSEMaT dan IKAMaT juga memberikan pelatihan tentang cara pengolahan dan pemasaran yang baik dan benar, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Provinsi Jawa Tengah.

Distribusi dan pemasaran Jajanan Mangrove akan dilakukan oleh KeSEMaT yang dibantu oleh CV. KeMANGI, dengan tujuan untuk mengoptimalkan proses distribusi sehingga bisa menjangkau ke seluruh kota dan daerah-daerah pesisir di Indonesia, bahkan beberapa negara asia.

Hasil yang diharapkan dari program ini adalah mampu menumbuhkan peran serta warga pesisir Mangkang Wetan, dalam usahanya membudidayakan mangrove sehingga bisa meningkatkan taraf penghidupan mereka. (AP).