Mangrove Center Semarang

Semarang - KKMKS. Semarang memiliki dua kawasan mangrove yang sedang dikembangkan menjadi Pusat Pendidikan dan Wisata Mangrove sebagai Mangrove Center Semarang (MCS). Memiliki keindahan mangrove dan alam pesisir serta pantai dengan keunggulan masing-masing, dua organisasi Anggota KKMKS, yaitu Biota Foundation dan Prenjak yang dibantu oleh KKMKS dan mitra kerja, saat ini berupaya untuk terus memoles kedua lokasi mangrove ini, hingga terwujud MCS.

Kedua MCS ini, terletak di kawasan mangrove Mangunharjo dan Tugurejo, tepatnya di dusun Tapak, Semarang. MCS Mangunharjo memiliki keunggulan lansekap yang indah, dimana bibit-bibit mangrove sebagai hasil dari usaha penghijauan yang dilakukan oleh warga Mangunharjo dan atas partisipasi dari berbagai organisasi lingkungan dan warga Semarang, sudah terlihat tumbuh dengan baik, menghijau, siap menyambut setiap orang yang datang mengunjunginya. MCS kedua, terletak di Tapak. Kawasan mangrove Tapak memiliki sungai yang indah.

Alur sungai yang panjang berkelok sampai ke muara, kanan-kirinya telah rimbun dilebatkan oleh pohon-pohon mangrove setinggi kurang lebih tujuh meter, sehingga saat menyusuri sungai, para pengunjung akan merasakan sejuknya hawa sungai sebagai akibat dari teduhnya pepohonan mangrove yang menaunginya. Kawasan mangrove Mangunharjo Semarang, yang disebut sebagai Mangrove Center Mangunharjo, dikelola oleh Biota Foundation.

Sementara itu, Mangrove Center Tapak dikelola oleh Prenjak. Didukung oleh para Anggota KKMKS lainnya, seperti Yayasan BINTARI, KeSEMaT, UNNES, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang, secara bersama, pembangunan keduanya sebagai MCS, terus menerus dilakukan agar bisa diwujudkan. (GRE).